Minggu, 30 September 2012

Ada Apa Dengan Induk Sepakbola di Negeri ini?


Ya. Banyak, rakyat di negeri ini yang berharap dan bertanya tanya kapan Indonesia bisa lagi meraih trofi kejuaraan internasional dalam dunia sepakbola, yang dimana dalam kurun waktu 20 tahun Indonesia hanya menjadi spesialis runner-up. 


Kita mulai dari Organisasi Induk Sepakbola di Negeri ini
Dihampir setiap negara pasti mempunyai Organisasi induk sepakbola, untuk mengelola atau menaungi sepakbola di negeri itu sendiri.
Begitu juga dengan Indonesia yang mempunyai Organisasi Induk dalam Sepakbola yang diberi nama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia sering disingkat (PSSI ).
PSSI inilah yang mengatur semua jadwal kompetisi lokal,internasional beserta pengaduan club club, yg dibawah naungan PSSI.


        Ya. Selain PSSI harus membuat kompetisi dengan membuat Liga yang profesional dan berkualitas, pembinaan pemain muda sejak dini dengan baik beserta fasilitas yg  memadai,PSSI juga harus secara profesional dalam pengelolaan managemennya sendiri.

Dan sudah menjadi rahasia umum bagaimana cara PSSI ini dalam pengelolanya tidak profesional, dari kompetisi Liga, pembinaan pemain muda, fasilitas dan managemen organisasi induk itu sendiri alhasil banyak protes dimana-mana.
 Kalau PSSI menyangkal atas tuduhan itu,bisa kita liat dari kompetisi yang sekarang sedang bergulir.
kalau kompetisi Liga sudah bagus dan berjalan dengan baik kenapa bisa muncul Liga yang bukan dibawah naungan PSSI  dan malah dikatakan ilegal?

Itu sudah menjadi bukti kalau kompetisi Liga yang dibuat PSSI ini bisa dikatakan gagal untuk menjadi sebuah liga yang profesional dan berkualitas.

Bisa jadi mungkin itu suatu bentuk ketidakpuasan sekelompok orang atas kinerja PSSI yang tidak becus mengurus sebuah kompetisi Liga atau yang lainnya.

      Pembinaan pemain muda sejak dini? Apa itu sudah dilakukan PSSI dengan baik, saya rasa belum. kenapa?
Ya. kalau pembinaan pemain muda sudah dilakukan dengan baik PSSI tidak usah repot repot menaturalisasi pemain dari negara lain.
         Soal fasilitas,terutama stadion apa sudah berjalan dengan baik?
Indonesia punya berapa banyak sih stadion yg layak untuk pertandingan Internasional ?

Mungkin tak lebih dari 5 stadion. bahkan kalau menggelar ajang internasional ada club yang meminjam stadion club  lain untuk menjalani laga internasionalnya,karena apa? karena tidak mempunyai stadion yang memenuhi standar internasional. Apa seperti ini sudah bisa dibilang sudah berjalan dengan baik? Entahlah.

Soal urusan finansial pastinya PSSI sudah mendapatkan anggaran dari pemerintah, seperti cabang olahraga yang lainnya. Yang dimana digunakan untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para atlet guna menunjang pelatihan untuk menggapai sebuah prestasi.
       Bagaimana dengan managemen PSSI?

Bisa dikatakan sangat tidak memuaskan, Bagaimana tidak beberapa waktu lalu ada sebuah laga  uji coba yang dibatalkan karena tidak adanya anggaran untuk biaya tranportasi. bahkan ada yang memberitakan PSSI meninggalkan hutang disebuah hotel.
Apa segitu miskinnya PSSI?

Sekarang kalau induknya sepakbola saja seperti itu bagaimana sepakbola di Negeri ini bisa maju.

        Mari kita sedikit mencermati bagaimana cara Negara lain mengelola sepakbolanya dan terbukti mereka menuai kesuksesan.
Kenapa tidak kita meniru negara lain yg sudah terbukti sukses dengan cara profesional mereka mengelola sepakbolanya.

Sebagai contoh coba tengok, Inggris dengan Football Association (FA) Spayol dengan Real Federación Española de Fútbol (RFEF) dan  Italia dengan Federazinone Italiana Giuoco Calcio (FIGC) mereka sukses mengelola sepakbolanya dengan organisasi induknya itu dengan menghasilkan Liga - Liga  yang paling digemari bagi pecinta sepakbola diseluruh penjuru dunia karena itu semua mereka lakukan dengan cara profesional.
Semoga PSSI cepat berbenah dan membawa indonesia menuju prestasi yang membanggakan.



Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar